by

Langkah Praktis Memilih Nugget Ayam Terbaik

Dewasa ini semua menginginkan yang cepat termasuk untuk urusan makanan. Sehingga banyak yang suka dengan makanan cepat saji, salah satu yang jadi favorit anak adalah nugget ayam. Makanan yang berasal dari bahan baku utama daging ayam ini bentuknya bermacam-macam mulai dari bintang, bulan, bahkan ada yang berbentuk huruf. Lantas bagaimanakah cara kita memilih nugget ayam terabaik untuk sang anak? Nugget ayam yang dijual di pasaran tak semuanya sehat, terkadang ada oknum penjual yang berbuat nakal sehingga nugget tersebut jadi kurang sehat. Berikut langkah-langkah memilih nugget ayam terbaik.

  1. Cermati Bahan Baku Nugget Ayam

Langkah pertama memilih naugget ayam terbaik adalah dengan mencermati bahan bakunya. Secara umum nugget ayam terbuat dari hasil penggilingan daging ayam yang dikolaborasikan dengan bahan lainnya. Daging ayam yang dipakai untuk nugget biasanya diambilkan dari bagian paha dan dada. Namun bagian terbaik untuk bahanterbaik pembuatan nugget adalah dari bagian dada. Hal ini karena daging dada lebih banyak kandungan proteinnya dibandingkan dengan kadar lemaknya.

Nugget Ayam

Sehingga sangat disarankan untuk memilih nugget ayam yang berbahan dasar daging  dada ayam. Akan tetapi nugget ayam di pasaran tak selamanya menggunakan daging dada bahkan ada yang mencampurnya dengan kulit ayam, lemak, atau bagian-bagian ayam yang lain. Agar tidak tertipu dengan produk semacam itu, maka kita mesti teliti dan pintar memilih. Carilah informasi yang jelas mengenai produk olahan daging ayam ini. Sumber informasi yang disarankan bisa dari situs resmi dari perusahaan produsen nugget ayam tersebut.

  • Cermati tekstur nugget ayam

Berikutnya kita mesti mencermati setiap tekstur nugget ayam, baik bagian luar, maupun dalam. Tekstur terbaik dari nugget adalah renyah ketika digigit, lalu lembut serta gurih ketika dikunyah. Sehingga ketika membeli nugget ayam perlu dicermati nagian luar terlebih dahulu.

Nugget ayam pada umumnya dilapisi tepung yang membuat renyah ketika digigit, tepung itu sering disebut tepung roti atau panir. Padahal kedua nama tersebut berbeda, jika dilapisi  tepung roti maka sisi permukaan nugget lebih kasar dengan butiran tepung agak besar. Beda dengan tepung panir yang bentuknya lebih kecil dan terasa halus di hugget. Pilihan terbaik adalah nugget ayam yang dilapisi tepung panir sehingga pas digoreng bagian luarnya jauh lebih renyah dan mampu bertahan lama. Beda dengan yang dilapisi tepung panir, jika digoreng nugget ayam terasa kurang renyah.

  • Cermati Warna Nugget Ayam

Produk nugget ayam terbaik bisa dilihat dari warna permukaan saat digoreng. Seperti bahasan di atas jika nugget ayam dilapisi dengan tepung roti atau bisa juge dengan tepung panir. Dilihat dari bahan baku tepung keduanya jelas berbeda. Jika tepung panir berasal dari bagian tepi roti yang digiling sedangkan trpung roti berasal dari semua bagian roti. Maka ketika digoreng nugget ayam dengan lapisan tepung roti jauh lebih terlihat cerah cenderung pucat, sedangkan yang dilapisi tepung panir warnanya lebih mencolok dan gelap. Maka pilihlah yang warnanya lebih putih, karena itu lebih alami dibandingkan yang mencolok. Warna mencolok bisa jadi karena pewarna tambahan.

  • Cermati kemasan dan Masa Keawetan Nugget Ayam

Terakhir kalian pilih nugget ayam yang dikemas dengan kemasan terbaik yang bisa tahan terhadap serangan bakteri. Hal ini lantaran nugget ayam merupakan makanan olahan setengah matang yang diawetkan dalam suhu yang sangat rendah alias dibekukan. Sehingga kemasan yang dipakai nugget ayam harus sesuai dengan masa edar dari makanan tersebut. Jika di kemasan tertulis bisa bertahan sampai 2 bulan, maka seharusnya kemasan yang dipakai juga terbuat dari bahan yang mampu melindungi nugget dari bakteri selama 2 bulan juga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed